Takbiran

Minggu, 20 September 2009

Puasa usai, kemenangan telah datang dan hari nan FITRI pun tiba....
Minal Aidzin Wal Faidzin....Mohon Maaf Lahir dan Bathin....
Begitu puasa usai, jutaan manusia di dunia ini menyambut dengan riang gembira. Semua larut dalam perasaan kemenangan.......
Tak terkecuali di Indonesia...tiap-tiap daerah mengekspresikan dengan caranya masing-masing. Hal yang jamak akan kita temui adalah ketika malam menyambut hari nan fitri ini. Di mesjid, di manapun tempat, akan kita temui para muslimin dan muslimat berbondong-bondong tanpa dikomando akan menyuarakan suara takbir.
Tapi yang unik tentunya takbiran dengan menggelar tempat-tempat untuk bertakbir di pinggir jalan dan takbiran keliling yang mungkin hanya akan kita temui di Indonesia.
Tempat untuk bertakbir dihias sedemikian rupa bernuansa islami dengan tidak meninggalkan maskot lebaran yaitu rentengan ketupat yang digantung. Beduk-beduk dijejer seolah-olah seperti alat musik untuk ditabuh mengiringi gema takbir.
Untuk takbiran keliling, mereka berkonvoi, entah dengan bersepeda motor, mobil bahkan sampai sewa angkutan hanya untuk menyuarakan gema takbir. Mereka berkeliling mengitari kota atau tempat-tempat umum.
Bahkan kadang-kadang mereka lupa akan keselamatannya masing-masing. Mereka dengan sadar berdiri diatas kap-kap mobil menyuarakan gema takbir.
Oleh karena tindakan yang kurang berkenan ini, maka tak heran Polisi harus bekerja ekstra keras untuk mengingatkan.
Terlepas dari itu semua, paling tidak suasana malam takbiran ini benar-benar menggambarkan seperti sang juara telah berhasil meraih kemenangan.
Sebuah kemenangan melebihi kemenangan-kemenangan dari pertandingan apapun...amiiinnn....

Label: ,

0 komentar: