Mudik

Kamis, 17 September 2009

Budaya mudik mungkin hanya di Indonesia.....
Mungkinkah budaya mudik ada di negeri tetangga atau negeri lainnya di luar Indonesia....entahlah...
Tapi satu hal yang pasti jangan sampai nanti ada klaim kembali dan ada yang merasa kebakaran jenggot bahwa budaya mudik telah diambil orang....
Istilah mudik muncul dan sering terdengar ketika menjelang lebaran tiba. hampir semua orang membicarakan mudik. Mulai dari kalimat dan pertanyaan kapan mudik, mudik kemana, bareng siapa, persiapan apa ketika harus mudik dan........berbagai macam pertanyaan lainnya....
Pastinya ketika lebaran tiba, hampir semua orang mempersiapkan untuk segera mudik. Paling tidak setelah sekian waktu bergelut untuk mencari sesuatu di negeri orang, sudah saatnya pulang kampung bertemu sanak keluarga.
Ada yang karena keterpaksaan harus mudik sampai dengan yang memang dari jauh-jauh hari berniat mudik, semuanya satu pemikiran, satu keinginan, satu tujuan "Balik Kampung".
Dari H-3 sampai H+3 biasanya semua orang disibukkan dengan istilah Mudik. Bahkan seolah-olah mudik telah menjadi agenda nasional. Jadi tidaklah heran semua terlibat dengan kata mudik. Dari rakyat sampai pejabat bahkan semua instansi terkait dikerahkan agar budaya mudik ini dapat terlaksana dengan aman dan lancar.
Bagaimana Polisi akan bekerja keras mengamankan jalur-jalur mudik dan beberapa departemen yang terlibat dengan urusan sarana dan prasarana berpikir keras supaya mudik terasa nyaman. Dari departemen yang mengurusi jalan sampai dengan kesehatan semuanya bahu membahu supaya para pemudik merasa aman, nyaman dan selamat sampai tujuan.
Tidak ketinggalan pula beberapa perusahaan merasa harus terlibat untuk menjual produknya, entah berbentuk promo atau yang lainnya.
Bagaimana dengan orang-orang lansekap?
Sebenarnya peran orang-orang Lansekap juga sangat besar dalam hal mudik ini. Tak perlu dipungkiri bahwa setiap pemudik pasti membutuhkan tempat untuk baeristirahat ketika capek dan lelah.
Nah dari situ saja para orang lansekap seharusnya berpikir bagaimana mempersiapkan tempat beristirahat (rest Area) yang nyaman.
Tidak itu juga, bagaimana peran seorang lansekap bekerja sama dengan instansi terkait mempersiapkan jalur mudik yang nyaman, seperti layaknya rambu-rambu jalan (signage), dan banyak hal lainnya yang terkait dengan kata mudik.

Label:

0 komentar: